CARI KONTEN

Ketika pengunjung mengklik blog kita, maka yang mereka inginkan adalah blog yang loading cepat, memaksimalkan keterbacaan, dan memberikan informasi yang mereka inginkan sebelumnya. Ini sangat penting, karena ketika pengunjung merasakan loading blog yang lama, maka kemungkinan besar pengunjung akan keluar dari blog dan mencari blog lain. Dalam artikel ini akan mengulas tentang cara mempercepat loading blog.
Cara Mempercepat Loading Blog

Sebelumnya, mari kita bahas bagaimana memberi pengunjung apa yang mereka inginkan.

Mengapa Kecepatan Loading Blog Penting.

Selain meningkatkan pengalaman pengunjung, kecepatan loading yang cepat juga memiliki banyak manfaat dari sudut pandang pemasaran, diantaranya:

1. Mempertahankan Lebih Banyak Lalu Lintas

Cara Mempercepat Loading Blog
Statistik menunjukkan bahwa sekitar 40 persen pengguna akan meninggalkan blog yang gagal dimuat dalam tiga detik atau kurang. Angka ini melonjak menjadi 53 persen jika kita berbicara tentang pengguna seluler.

Jika temen-temen terus mengabaikan kecepatan loading blog, pada dasarnya temen-temen memotong setengah dari potensi lalu lintas blog yang temen-temen kelola.

2. Meningkatkan Konversi

Cara Mempercepat Loading Blog
Tahukah temen-temen bahwa penundaan waktu loading satu detik menyebabkan penurunan 7 persen dalam konversi?

Ini mungkin tidak tampak besar, tetapi ingat bahwa blog pesaing hanya berjarak beberapa klik saja.

Setelah pembaca beralih ke blog yang berbeda dengan pengalaman pengunjung  yang lebih baik, mereka mungkin tidak akan pernah melihat ke belakang, yaitu blog yang temen-temen kelola.

3. Peringkat Mesin Pencari yang Lebih Tinggi

Cara Mempercepat Loading Blog
Jika temen-temen tidak tahu, mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan yang lainnya sangat khusus dalam hal pengalaman pengunjung.

Itulah sebabnya mereka memandang kecepatan loading sebagai faktor peringkat penting tidak hanya untuk desktop, tetapi juga untuk blog seluler.

Jika temen-temen tidak terbiasa dengan istilah SEO atau Search Engine Optimation, saya sarankan temen-temen mulai belajar.

Loading blog yang cepat juga merupakan salah satu cara meningkatkan trafik blog karena selain di sukai pengunjung, loading blog yang cepat di sukai oleh mesin pencari.

Untuk saat ini, izinkan saya menunjukkan kepada temen-temen langkah selanjutnya untuk mencapai kinerja blog terbaik: mengukur kecepatan pemuatan aktual blog Anda.

Cara Menguji Kecepatan Loading Blog

Temen-temen mungkin berpikir blog temen-temen sudah berjalan cukup cepat, tetapi untuk membuktikan itu, silahkan temen-temen tes kecepatan loading blog dengan menggunakan PageSpeed Insights.

Sederhananya, ini adalah alat optimasi kinerja yang menganalisis kecepatan loading blog, mendeteksi masalah yang mempengaruhi kecepatan, dan memberikan daftar saran bersama dengan sumber daya yang bermanfaat.

Untuk menggunakan PageSpeed Insights, silakan dan masukkan URL blog milik temen-temen dan klik ‘ANALYZE.’
Cara Mempercepat Loading Blog

Berikan PageSpeed Insights beberapa detik saja untuk menganalisis kecepatan loading blog temen-temen.

Ketika selesai, hal pertama yang temen-temen temukan adalah penilaian mendalam tentang kinerja blog, termasuk skor kecepatan, faktor-faktor yang memengaruhi kecepatan pemuatan, dan perkiraan latensi atau keterlambatan sebelum input pengguna dapat didaftarkan.
Cara Mempercepat Loading Blog


Temen-temen juga dapat menggunakan PageSpeed Insights untuk kinerja seluler dengan beralih ke tab ‘Mobile’. Alat ini harus segera menyajikan kepada temen-temen laporan berbeda yang mencerminkan kinerja blog di smartphone dan tablet.
Cara Mempercepat Loading Blog

Sudah menemukan skor kecepatan dari blog temen-temen?

Mulai dari sini, saya menyarankan temen-temen untuk menggunakannya sebagai alat utama untuk mengukur kinerja blog yang temen-temen kelola.

Tujuan temen-temen sederhana: untuk melakukan sebanyak mungkin optimasi yang diperlukan untuk mencapai tujuan "cepat" skala skor kecepatan.

Mari kita bandingkan dan mencoba tes situs-situs besar, berapa kecepatan mereka. dalam hal ini saya mencoba Facebook. Temen-temen bisa lihat skor kecepatan seluller hanya mencapai 76 saja, dan perangkat komputer hanya mencapai skor 90.
Cara Mempercepat Loading BlogCara Mempercepat Loading Blog
Kemudian kita bandingkan dengan blog milik temen-temen. Setidaknya kita mempunyai tolok ukur, bahwa setidaknya kecepatan blog kita minimal tidak di bawah skor di atas.

Temen-temen harus selalu merangkul peluang yang akan membantu temen-temen maju dari kompetisi.

Meningkatkan pengalaman pengunjung di blog temen-temen dengan meningkatkan kecepatan loading blog adalah salah satu peluang ini.

Siap mengambil langkah selanjutnya? Kalau begitu mari kita mulai.

Cara Mempercepat Loading Blog / Mengurangi Waktu Loading Blog

Sekarang kita telah membahas "mengapa" dari optimasi kecepatan loading halaman, saatnya untuk berbicara tentang "bagaimana”. Bagaimana cara mempercepat loading blog.

Jika temen-temen mengetahui satu atau dua hal tentang pengembangan blog, melakukan rekomendasi yang ditampilkan dalam PageSpeed Insights harus menjadi batu loncatan kampanye optimasi kinerja. Temen-temen harus dapat menemukannya tepat di bawah bagian "Data Lab".
Cara Mempercepat Loading Blog

Secara alami, saran yang akan temen-temen dapatkan di PageSpeed Insights bergantung pada kondisi keseluruhan blog. Namun, sebagian besar rekomendasi pengoptimalan umum akan dimasukkan dalam daftar strategi yang saya buat di bawah ini.

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah langkah-langkah terbukti tentang cara mempercepat loading blog:

1. Pilih Tema / Template yang Lebih Baik

Cara Mempercepat Loading Blog
Berbagai tema Wordpress dan juga template Blogger bertebaran banyak di internet yang dirancang secara sederhana dan minimalis gratis. Bahkan desainer tema / template pihak ketiga memiliki banyak tema / template ringan yang dapat meningkatkan kinerja blog temen-temen.

Kuncinya di sini adalah mencari tema / template yang tidak dipenuhi dengan detail visual yang tidak perlu, seperti penggeser gambar, animasi, dan efek CSS.

2. Optimasi Gambar Dalam Blog

Cara Mempercepat Loading Blog
Tidak semua elemen visual yang memengaruhi kinerja blog temen-temen dimasukkan ke dalam tema.

Setiap gambar yang temen-temen unggah ke blog, baik itu logo blog, gambar unggulan, tombol, atau infografis, menambah beban bandwidth blog, dan karenanya memengaruhi kinerja. Bandwidth blog kalau diibaratkan pada sebuah laptop /komputer, Bandwidth adalah RAM. Jadi semakin bertambah beban RAM, maka akan memengaruhi kecepatan laptop. Begitu pula dengan blog, semakin bertambahnya beban bandwidth, maka akan sangat mempengaruhi kecepatan blog.

Tetapi karena konten visual adalah yang harus dimiliki di setiap blog, temen-temen tidak bisa berhenti membumbui posting dengan gambar. Sebagai gantinya, temen-temen dapat menggunakan alat kompresi gambar seperti Kraken.io untuk mengurangi ukuran gambar tanpa ada perubahan kualitas yang terlihat.

Kraken.io hadir dengan alat kompresi lossless berbasis cloud gratis yang dapat mengoptimalkan gambar dalam jumlah besar. Cukup seret dan jatuhkan gambar temen-temen ke alat atau unggah folder zip untuk memulai proses kompresi.

Jangan lupa untuk mengatur mode kompresi ke "Lossless" sehingga gambar akhir tidak akan terlihat buram.

Khusu bagi temen-temen yang mempunyai hosting sendiri atau blog yang berbasis WordPress, temen-temen dapat meningkatkan kecepatan WordPress dengan plugin seperti WP Smush untuk mengompres semua gambar di perpustakaan media temen-temen dalam sekali jalan. Cukup klik ‘Smush’ dari dasbor temen-temen dan ‘Massal Smush Now’ untuk memulai.

WP Smush juga memberi opsi untuk mengompresi gambar secara otomatis segera setelah diunggah. Untuk mengaktifkan fitur ini, aktifkan Sm Automatic Smush ’di bawah bagian“ Pengaturan ”pada antarmuka plugin.

3. Jangan Membanjiri Pembaca dengan Iklan

Cara Mempercepat Loading Blog
Meskipun memposting pratinjau di beranda temen-temen dapat berdampak negatif terhadap kecepatan pemuatan blog, setidaknya itu dapat memiliki manfaat positif bagi pengalaman pengunjung blog.

Namun, iklan sering kali tidak.

Meskipun benar bahwa iklan pasti bermanfaat dalam memonetisasi blog (salah satu sumber penghasilan), pengunjung mungkin tidak akan menghargai jika temen-temen mengganggu pengalaman mereka dengan beberapa iklan pada satu halaman. Lebih penting lagi, mengatur iklan di setiap sudut blog akan menyebabkan penurunan kinerjanya.

Yang terbaik adalah jika temen-temen membiarkan pengunjung  fokus pada elemen-elemen penting dari blog temen-temen dan menjaga iklan minimal. Jadi, pasang iklan jangan terlalu banyak (sewajarnya).

4. Khusus Pengguna WordPress, Hapus Plugin yang Tidak Digunakan

Cara Mempercepat Loading Blog
Platform penerbitan blog dan sistem manajemen konten seperti WordPress biasanya mendukung truk dengan plugin siap pakai, yang membuatnya mudah untuk mengimplementasikan semua jenis fitur.

Temen-temen dapat mengelola blog dan segala keperluannya hanya dengan menginstall Plugin tanpa harus menulis kode-kode yang memang dirasa susah, jadi dengan kata lain plugin adalah suatu tool untuk mempermudah keperluan blog Wordpress menginstalnya.

Namun, memanfaatkan plugin bisa menjadi pedang bermata dua.

Temen-temen tidak bisa hanya memuat blog dengan sebanyak mungkin plugin.

Terlalu banyak plugin dalam satu halaman dapat menghabiskan sumber daya server dan memperlambat blog milik temen-temen hingga merayap.

Jika temen-temen tidak pernah terlalu memperhatikan koleksi plugin temen-temen, kemungkinan temen-temen menginstal plugin yang berlebihan yang memiliki fitur inti yang serupa.

Jadi hapuslah plugin-plugin yang tidak perlu.

Kesimpulan

Sebagai seorang blogger, temen-temen harus siap melakukan apa saja demi pengalaman pengunjung.

Kecepatan memuat blog temen-temen mungkin tampak seperti faktor yang biasa, tetapi hal itu dapat menghancurkan kesuksesan blog temen-temen - tidak hanya dari perspektif saja, tetapi juga dalam hal SEO.

Itulah sedikit ulasan tentang cara mempercepat loading blog, semoga bermanfaat.

Post a Comment