CARI KONTEN

Dalam artikel ini akan dijelaskan tentang cara mendaftar Paypal, cara verifikasi paypal tanpa kartu kredit dan juga menghubungkan Paypal dengan bank lokal yang ada di Indonesia.

Dari waktu ke waktu, cara mendaftar Paypal sering kali mengalami perubahan, sehinga tutorial untuk mendaftarnya pun harus selalu diupdate.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Paypal adalah sebuah layanan keuangan layaknya sebuah bank dimana kita dapat menerima uang, mengirim uang dan juga berbelanja. Jasa pelayanan seperti di atas yang sangat popular ada 2, yaitu Paypal dan Payoneer, tentu dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika temen-temen ingin tahu juga penjelasan seputar Payoneer, silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang penjelasan dan cara daftar Payoneer.

Berbeda dengan Payonneer, kalau mata uang dalam Payoneer ada 4 macam, yaitu US Dolar, Euro, GBP dan Yen, sedangkan mata uang dalam Paypal hanya dalam bentuk US Dolar.
cara_mendaftar_Paypal

Cara Mendaftar Paypal Terbaru

  • Silahkan klik DI SINI untuk masuk ke website Paypal
  • Untuk mengubah bahasa di website Paypal berada di pojok kanan Bawah (silahkan sesuaikan dengan keinginan temen-temen, dalam tutorial ini saya menggunakan Bahasa Indonesia)
  • Di pojok kanan atas, klik Daftar
  • Pilih jenis rekening, Rekening Pribadi atau Rekening Bisnis, di sini saya pilih Rekening Pribadi, kemudian klik Berikutnya
cara_mendaftar_Paypal
  • Pada Rekening Pribadi akan ada pilihan “Pembeli online, Penjual individu, Kedua hal di atas, Saya tidak yakin”, pilih saja “Kedua hal di atas” kemudian klik Berikutnya
cara_mendaftar_Paypal
  • Isi alamat email, nama depan, nama belakang, alamat email, kata sandi dan konfirmasi kata sandi lalu klik Berikutnya *PENTING: data harus sesuai dengan rekening bank, terutama pada nama, jika temen-temen mempunyai nama tunggal atau single name alias tidak mempunyai nama belakang, silahkan isi nama belakang dengan menekan Spasi pada keyboard kemudian tanda koma ( , )
  • Isi tanggal lahir, kewarganegaraan (Indonesia), jenis identitas (KTP, SIM, dll), nomor identitas, alamat, kota, provinsi, jenis telepon, nomor telepon, centang kotak di samping Aktifkan One Touch, centang juga kotak di samping Dengan mengklik tombol di bawah ini, saya setuju untuk mematuhi Kesepakatan Pengguna dan Pernyataan Privasi Paypal kemudian klik Setuju dan buat rekening
Sampai di sini pembuatan akun Paypal sudah selesai dibuat.

Tahap selanjutnya yaitu menghubungkan rekening bank ke paypal agar dapat melakukan transfer uang dari Paypal ke bank lokal di Indonesia.

Cara Menghubungkan Rekening Bank Ke Paypal

  • Silahkan temen-temen Log in atau masuk ke akun Paypal yang sudah dibuat
  • Pilih menu Ringkasan kemudian lihat ke sebelah kanan, di bawah tulisan Optimalkan Penggunaan Paypal terdapat 3 menu, klik pada Hubungkan bank Anda. Kegunaan dari ketiga menu itu adalah: Hubungkan bank Anda yang dapat digunakan untuk menghubungkan rekening bank ke Paypal, Buat tautan Paypal.me Anda yang dapat digunakan untuk memberi tautan atau link ketika orang lain akan mengirim uang tanpa melalui email, dan Tambahkan foto yang dapat digunakan untuk mengupload foto profil
cara_menghubungkan_rekening_bank_ke_paypal
  • Isi nama bank, kode bank dan nomor rekening kemudian klik Hubungkan Bank Anda. CATATAN: kode bank yang digunakan bukan kode bank yang biasa kita gunakan untuk transfer antar bank di Indonesia, tetapi kode bank dunia. Kotak isian kode bank biasanya seacara otomatis akan terisi ketika mengisi nama bank. Namun, jika tidak terisi otomatis, silahkan lihat atau downlod kode bank di sini
  • Klik Selesai pada halaman konfirmasi
  • Biasanya untuk setiap aktivitas pada paypal, maka Paypal akan mengirimkan email konfirmasi, atau jika pada halaman depan Paypal ada tombol Konfirmasi email, silahkan klik tombol tersebut kemudian buka email dan konfirmasi
Masuk ke tahap terakhir, yaitu dengan menghubungkan atau verifikasi kartu kredit.

Saya tidak mempunyai kartu kredit, apakah bisa?

Bisa! Nanti akan saya jelaskan di bawah, tapi sebelumnya silahkan baca terlebih dahulu tentang kelebihan dan kekurangan akun Paypal yang terverifikasi dan tidak.

Tanpa melakukan verifikasi kartu kredit sebenarnya akun Paypal sudak dapat digunakan, seperti menerima uang, mengirim uang maupun transfer uang dari Paypal ke bank lokal Indonesia.

Namun yang menjadi kendala adalah jumlah nominal. Ya! Jumlah nominal untuk menerima uang dan transfer uang biasanya hanya maksimal $50. Selain itu, ketika kita akan melakukan transaksi lain seperti jual beli, biasanya sebagian besar bahkan mungkin semua marketplace atau toko online hanya menerima akun Paypal yang sudah terverifikasi. Jadi, alangkah baiknya jika kita memiliki akun Paypal yang sudah terverifikasi.

Bagaimana cara verifikasi Paypal tanpa kartu kredit?

Silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Bagi temen-temen yang tidak mempunyai kartu kredit, ada 2 alternatif
  1. Menggunakan jasa pembuatan VCC
  2. Menggunakan VCN dari bank lokal Indonesia
Alternatif mana yang lebih bagus?

Menurut saya pribadi, saya merekomendasikan alternatif nomor 2, menggunakan VCN dari bank lokal Indonesia.

Ok, langsung saja kita ke tutorial cara verifikasi paypal menggunakan VCN.

Persiapan yang harus disiapkan yaitu SMS Banking. Jadi nomor telepon temen-temen harus sudah terhubung dengan rekening bank yang temen-temen miliki, karena kita akan melakukan request VCN melalui SMS Banking.

Misalnya di sini saya menggunakan bank BNI.

Cara Request VCN BNI melaui SMS Banking

  • Silahkan telpon ke *141# kemudian pilih nama bank (BNI)
  • Pilih e-commerce
  • Pilih e-payment
  • Masukan nominal VCN tanpa tanda titik (saran saya 50000)
  • Masukan nomor pin SMS Banking yang di minta
  • Temen-temen akan mendapatkan SMS yang berisi detai kartu, mulai dari nomor kartu, tanggal kadaluarsa kartu, kode kartu, silahkan simpan data tersebut dan nanti akan kita gunakan (baik digunakan sebelum 1 jam)
Selanjutnya ke tahap verifikasi di halaman akun Paypal.

Cara Verifikasi Paypal dengan VCN BNI Tanpa Kartu Kredit

  • Log in kea kun Paypal
  • Jika temen-temen baru pertama kali membuat akun Paypal atau belum pernah menghubungkannya dengan kartu kredit, biasanya di halaman depan ada tombol Hubungkan kartu kredit, namun jika tidak ada, silahkan klik menu Wallet kemudian klik Hubungkan kartu kredit
cara_verifikasi_paypal_tanpa_kartu_kredit
  • Isi identitas kartu dengan data VCN yang didapat dari SMS Banking tadi kemudian klik Hubungkan kartu
  • Kemudian aka nada konfirmasi bahwa temen-temen telah menghubungkan kartu, klik Selesai maka temen-temen akan kembali ke menu Wallet
  • Di menu Wallet akan aada notifikasi untuk konfirmasi kartu, klik pada Konfirmasi kartu
  • Klik Dapatkan kode dan klik Selesai
  • Jika kita menggunakan VCN, maka Paypal akan mentransfer sejumlah uang (biasanya kurang dari 1000 dan nominal uang itulah yang akan dijadikan kode verifikasi), tunggu hingga 3-5 hari kerja, setelah itu kunjungi bank sambil membawa buku tabungan dan meminta untuk print rekening Koran, Karena dengan print rekening Koran kita akan tahu nominal uang yang masuk dan keluar serta nama pengirimnya. Cari nama pengirim atas nama Paypal kemudian catat jumlah nominalnya
  • Masuk ke akun Paypal
  • Pada menu Wallet, klik notifikasi Masukan kode untuk mengkonfirmasi kartu
  • Masukan jumlah nominal yang dikirim oleh Paypal dan klik Konfirmasikan
  • Selesai, dan kini temen-temen sudah mempunyai akun Paypal yang tidak mempunyai jumlah batas dalam transaksi
Semoga ulasan tentang cara mendaftar Paypal, cara verifikasi paypal tanpa kartu kredit dan juga menghubungkan Paypal dengan bank lokal yang ada di Indonesia ini dapat bermanfaat.

Post a Comment