CARI KONTEN

Ini merupakan postingan kedua saya tentang Autocad setelah sebelumnya memposting tentang Cara Mengganti Background Autocad. Ya, sesuai judul, kali ini saya akan membahas tentang Cara Print Gambar Autocad. Jadi, bagi temen-temen yang belum tahu caranya, ikuti sampai selesai.

Cara Print Gambar Autocad tidak jauh berbeda dengan melakukan print pada Microsoft Word atau Microsoft Excel. Sebelum melakukan neg-print, yang pertama kita pikirkan adalah jenis kertas. Perbedaan yang menonjol Cara Print Gambar Autocad dengan Ms. Word atau Ms. Excel yaitu, jika pada Ms. Word dan Excel ketika setting kertas maka di halaman kerja akan otomatis menyesuaikan jenis dan ukuran kertas sesuai yang telah kita setting, sedangkan pada Autocad, kita harus tau ukuran kertas dan membuatnya pada lembar kerja dan kemudian setting pada printer pada saat mau melakukan print.

Sebelum pada topic pembahasan tentang Cara Print Gambar Autocad, kita cari tahu dulu ukuran dan jenis kertas yang biasa digunakan untuk nge-print gambar pada Autocad.

Biasanya jenis kertas yang digunakan  untuk nge-print gambar Autocad yaitu A4 dan A3 (jika temen-temen menggunakan kertas yang lain sesuaikan saja). Ukuran kertas A4 yaitu 21 cm x 29,70 cm, sedangkan ukuran kertas A3 yaitu 29,70 cm x 42 cm.
Cara Print Gambar Autocad

Cara Print Gambar Autocad

  • Buat kotak di lembar kerja Autocad sesuai ukuran kertas sesuai dengan kertas yang kita inginkan (jika garis tersebut tidak ingin ikut ke print nantinya, pilih jenis garisnya Depoints) silahkan atur portrait atau landscape
  • Masukan gambar yang ingin diprint pada kotak kertas yang telah kita buat
Cara Print Gambar Autocad
  • Setelah gambar ada dalam kotak, ketik pada keyboard CTRL+P atau perintah Print
  • Pada pilihan Name, pilih jenis printer kemudian klik Properties untuk setting kertas pada printer
Cara Print Gambar Autocad
  • Klik Custom properties kemudian akan muncul kotak dialog untuk melakukan setting kertas. Silahkan setting kertas sesuai yang temen-temen inginkan, jangan lupa setting juga posisi portrait atau landscape
Cara Print Gambar Autocad

Cara Print Gambar Autocad
  • Setelah selesai, klik OK dan OK
  • Centang pada Save change to the following file lalu klik OK, agar nantinya tidak perlu setting ulang lagi
  • Pastikan settingan sudah sesuai dan centang Center the plot, kalau sudah sesuai, pilih dan klik Window, maka kita akan di arahkan ke lembar kerja Autocad.
Cara Print Gambar Autocad

Cara Print Gambar Autocad
  • Klik pada dua titik sudut kotak kertas supaya terblok kertasnya (klik pada sudut atas kiri dan sudut kanan bawah atau sebaliknya, atau bisa juga klik pada sudut kanan atas dan sudut kiri bawah). Maka kita akan di arahkan ke setingan printer lagi
  • Klik tombol priview untuk melihat hasil nge-print nanti, atau kalao sudah yakin, bisa langsung klik OK
  • Dan proses printing berjalan
Selesai! Itulah sedikit penjelasan tentang Cara Print Gambar Autocad. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Post a Comment