CARI KONTEN

Berbicara tentang sistem operasi, selain Windows kita juga mengenal yang namanya Linux. Sebagian orang memilih Linux karena mempunyai banyak kelebihan dan keistimewaan. Apa keistimewaan dari sistem operasi Linux dan juga apa kelebihan sistem operasi windows dibanding linux? Berikut ini penjelasannya.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang apa keistimewaan dari sistem operasi Linux, tentu kita harus tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan linux?
keistimewaan_dari_sistem_operasi_linux

Apa itu Linux?

Linux merupakan sistem operasi yang berbasis free software dan juga open source dengan menggunakan kernel Linux. Dikutip dari Wikipedia, Linux pertama kali dimulai pada tahun 1991 oleh sesorang yang bernama Linus Torfadolds.

Dalam perkembangannya, Linux tidak hanya digunakan untuk server sistem operasi pada komputer atau desktop saja, tetapi juga digunakan pada perangkat-perangkat lain yang dapat diinstall Linux seperti smartphone, device IoT (Internet of Things), CCTV, switch, router dan lain-lain.

Apa Kegunaan Linux?

Kegunaan atau fungsi Linux sama halnya dengan sistem operasi yang lain.
  • Multitasking, yaitu pengguna dapat melakukan beberapa program sekaligus yang dapat diproses pada saat bersamaan dalam sebuah komputer dengan satu pengguna.
  • Multiprogramming, yaitu pengguna dapat melakukan beberapa program dengan menggunakan resources komputer pada waktu yang bersamaan sekaligus, misalnya melukan printing sambil melakukan entri 
  • Time Sharing, yaitu perangkat dapat digunakan oleh beberapa pengguna secara bersamaan. Sistem operasi yang dapat berjalan model multiuser atau beberapa pengguna menggunakan cpu secara serentak dan secara otomatis akan diatur pembagian waktu antar penggunanya untuk bisa menjalankan layanan.
  • Multiprocessing, yaitu sistem operasi dapat menjalankan processor pada lebih dari satu atau beberapa cpu dalam waktu yang bersamaan

Apa Perbedaan Sistem Operasi Windows Dengan Linux?

Perbedaan sistem operasi windows dengan linuxberikut ini akan membantu temen-temen ketika bingung untuk memutuskan diantara keduanya. kedua sistem operasi ini tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika temen-temen menggunakan komputer lebih condong ke game, maka sistem operasi Windows lebih cocok. Namun jika temen-temen menggunakan komputer lebih condong ke server, maka sistem operasi Linux lebih cocok.

Berikut ini adalah perbedaan sistem operasi Windows dengan Linux
  • Dari Sisi Tamampilan
Dari sisi tampilan atau antarmuka bagi pengguna, Windows cenderung lebih baik dibandingkan dengan Linux. Mulai dari Windows 98, Windwos cenderung sudah dapat menyajikan tampilan yang ramah kepada penggunanya dan juga memanjakan mata penggunanya.

Sementara sistem operasi Linux, cenderung lebih tertinggal bila dibandingkan Windows dari sisi tampilan, meski saat ini Windows dan Linux sudah sama-sama bersaing untuk menghadirkan tampilan yang nyaman bagi penggunanya.

  • Dari Sisi Partisi Sistem
Sistem operasi Windows mungkin tidak bisa membaca file sistem dari Linux, namun sebaliknya pada Linux masih memungkinkan untuk membaca partisi yang dibuat dan digunakan untuk Windows.

Hal ini dikarenakan Linux menggunakan beberapa jenis partisi, yaitu ext2, ext3, reiserfs, xfs, jfs, FAT32, NTFS, dan lain sebagainya.

Sedangkan Windows pada umumnya mendukung format partisi NTFS, exFAT, FAT32, FAT dan lain sebagainya.

  • Dari Sisi Keamanan
Temen-temen pernah memikirkan apakah virus computer itu ada yang membuat atau ada dengan sendirinya. Tentunya ada yang membuatnya. Seiring dengan kepopuleran Windows, virus untuk sistem operasi Windows semakin berkembang.

Sedangkan Linux tidak banyak virus yang dikembangkan sehingga lebih aman karena model menjalankan aplikasi pada Linux berbeda dengan Windows.

  • Dari Sisi Harga
Windows merupakan salah satu sistem operasi yang sangat populer. Banyak sekali sistem operasi Windows bajakan banyak tersebar di berbagai tempat.

Selain karena tersedianya software berupa mentahan windows di internet, juga banyak orang yang melakukan cracking untuk aktivasi sistem Windows. Hal ini menunjukkan bahwa Windows merupakan sistem operasi yang tidak gratis alias berbayar.

Sedangkan Linux merupakan sebuah sistem operasi berbasis open source yang gratis.

  • Dari Sisi Ketersediaan Perangkat Lunak yang Bisa Dipakai
Dengan banyaknya pengguna Windows, maka mendorong para developer yang tertarik untuk mengembangkan aplikasi di sistem operasi Windows.

Jadi tidak heran jika aplikasi atau software untuk Windows lebih banyak. Mulai dari  aplikasi perkantoran, aplikasi multimedia, maupun aplikasi permainan dan lain sebagainya. Banyak permainan atau game yang memerlukan grafis tinggi tersedia banyak sekali di Windows.

Sedangkan pada Linux, hal tersebut sangat jarang ditemui. Meski demikian, bukan tidak mungkin ke depannya akan ada banyak permainan yang dibuat oleh para developer dengan sistem Linux dan bisa menyaingi permainan di Windows dikarena kan Linux ini sifatnya open source dan juga gratis.

  • Dari Sisi Penggunaan Sistem Operasi
Sistem operasi Windows cenderung lebih banyak digunakan pada komputer-komputer yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan kantoran. Misalnya mengetik, membuat presentasi, dan semacamnya.

Para pelajar, baik itu siswa maupun lebih sering menggunakan sistem operasi Windows untuk penggunaan sehari-hari.

Ketersediaan aplikasi multimedia yang cukup banyak juga menjadi alasan para designer grafis lebih banyak menggunakan Windows.

Sedangkan Linux, dikarenakan sifat keamanan yang dimilikinya lebih terjaga, Linux lebih cenderung banyak digunakan sebagai sistem operasi pada domain-domain yang membutuhkan tingkat keamanan tinggi, seperti administrasi LAN kantor, komputer server, layanan SSH, layanan web proxy dan lain sebagainya.

  • Dari Sisi Pengembangan Kode
Windows merupakan salah satu sistem operasi yang tertutup. Hal itu berarti bahwa pengembangan sistem operasi Windows hanya dapat dilakukan oleh para Windows itu sendiri yaitu Microsoft.

Sedangkan sistem operasi Linux merupakan sistem operasi yang sifatnya terbuka  atau open source. Hal tersebut berarti bahwa siapa saja bisa mengembangkan sistem operasi ini.

Siapapun dapat mengunduh atau mendownload source code yang dimiliki oleh program ini dan kemudian mengembangkannya sesuai dengan keinginannya. Dalam melakukan pengembangan suatu sistem operasi tentu tidak bisa dilakukan oleh diri sendiri, melainkan dilakukan dengan beberapa orang.

Sistem operasi hasil dari pengembangan yang dilakukan oleh banyak orang itulah yang kemudian distro Linux.

  • Dari Sisi Dukungan Perangkat Keras
Untuk menjalankan suatu perangkat keras tentu harus terdapat driver yang sesuai dengan perangkat keras yang terpasang pada komputer.

Pada sistem operasi Linux, ketersediaan driver untuk berbagai macam hardware cenderung lebih sedikit dan bahkan susah dicari.

Sedangkan pada Windows, ketersediaan driver cenderung tersedia, bahkan selalu diperbaharui oleh developer penghasil perangkat keras itu sendiri. Sehingga performa driver pada sistem operasi Windows mungkin lebih unggul jika dibandingkan dengan Linux, khususnya pada perangkat keras yang tidak tersedia driver terbarunya untuk Linux.

  • Dari Sisi Hak Atas Kekayaan Intelektual
Linux dan program aplikasinya merupakan perangkat lunak yang memiliki lisensi gratis dan dibebaskan untuk siapa saja menggunakan perangkat tersebut.

Sedangkan Windows dan aplikasinya lebih banyak mengandung hak kepemilikan lisensi yang mengharuskan pembayaran tertentu untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut dengan lancar.

  • Dari Sisi Pendistribusian
Linux bisa didistribusikan atau disalurkan dari banyak pihak, sedangkan Windows secara resmi hanya dapat didistribusikan oleh Microsoft.

  • Dari Sisi Resources
Linux lebih menghemat resources jika dibandingkan dengan Windows.

  • Dari Sisi Varian dan Pilihan
Linux memiliki berbagai varian distro yang berasal dari banyak pihak, sedangkan Windows hanya mempunyai banyak versi yang dibuat oleh Microsoft.

  • Dari Sisi Penggunaannya
Bagi pengguna untuk keperluan kantor, Windows cenderung lebih mendukung, sedangkan bagi penggunaan komputerisasi networking seperti server, penggunaan  Linux lebih mendukung.

  • Dari Sisi Kekuatan
Linux cenderung lebih kebal terhadap spyware jikaa dibandingkan dengan Windows.

Baca juga: Cara Mengatasi Windows Powershell Tidak Bisa Dibuka

Apa Keistimewaan Dari Sistem Operasi Linux ?

Sebenarnya dilihat dari perbedaan sistem operasi Windows dengan Linux sudah ada sebagian yang disebutkan, namun untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan keistimewaan dari sistem operasi linux.

  • Memiliki Secure By Design yang Lebih Aman
Pada sistem operasi Linux telah didesain dengan sedemikian rupa, sehingga aman untuk digunakan dengan cara menerapkan sistem pengamanan berlapis, seperti sistem privilege dan juga bisa melakukan update secara rutin otomatis untuk memperbaiki sistem bug.

  • Gratis
Ketika temen-temen ingin memiliki Windows OS yang original, maka temen-temen harus membeli sebuah lisensi terlebih dulu dengan harga yang fantastis.

Sedangkan dengan menggunakan Linux, temen-temen cukup mengunduhnya kemudian menginstallnya gratis tanpa memerlukan lisensi.

Selain itu juga, semua aplikasi yang diperuntukan Linux pun dapat diunduh dengan bebas alias gratis.

  • Free & Opensource
Linux memiliki sifat yang open source, artinya kode program dapat dilihat oleh semua orang yang ingin mengembangkan nya.

Linux juga bersifat free atau bebas, itu artinya bebas untuk dikembangkan dan juga bebas untuk digunakan oleh siapapun bahkan untuk keperluan komersial sekalipun.

  • Stabil dan Ringan
Bagi temen-temen yang sedang mencari OS dengan kestabilan bagus, pilihan yang cocok adalah dengan menggunakan Linux.

Bahkan  temen-temen tidak perlu melakukan restart server ketika selesai melakukan upgrade ataupun update layanan.

Terdapat banyak distro Linux dengan hardware requirements sangat minim.

Cukup hanya dengan menggunakan CPU 1GHZ dan RAM 1GB, temen-temen sudah dapat menjalankan distro OS Linux tertentu namun tetap menawarkan fitur lengkap.

Beberapa distro Linux, bahkan dapat berjalan hanya dengan menggunakan CPU usang dan RAM 256 MB.

  • Hemat Resource
Linux lebih hemat dalam penggunaan memory, storage dan juga RAM, sehingga Linux ini banyak digunakan untuk perangkat yang berbasis embedded device, CCTV, kamera digital, loT, smart TV HP android hingga mesin industri.

  • Tahan Serangan Malware
Untuk kerentanan terhadap serangan malware, Windows lebih rentan terkena malware, seperti Trojan maupun virus, sehingga harus mengaktifkan antivirus. Namun meski sudah mengaktifkan antivirus, bahkan yang berbayar, terkadang belum cukup ampuh untuk menangkal virus.

Lain halnya dengan Linux, Linux justru tidak membutuhkan software antivirus untuk melindungi perangkat Komputer.

Hal ini dikarenakan Linux didesain lebih aman ketimbang antivirus dengan menerapkan banyak sistem keamanan didalamnya.

Yang paling terlihat adalah pengamanan untuk melindungi file sistem dengan menerapkan hak akses yang ketat untuk pengguna yang ada di Linux.

Dimana hanya pengguna root yang dapat memodifikasi file sistem, pengguna bukan root tidak akan bisa merubah tatanan file sistem.

  • Shell atau Terminal
Bagi pengguna desktop, peranan terminal memang tidak terlalu penting. Namun bagi server, terminal merupakan cara tercepat untuk dapat mengakses sekaligus me-manage server itu sendiri.

Terminal Linux dapat mendongkrak potensi Linux hingga mencapai 100%, sebagai catatan, Linux hanya dapat dipakai secara optimal dengan memakai terminal dan bukan dengan GUI.

  • Banyak Pilihan
Linux mempunyai ratusan distro dengan dukungan versi terbaru. Berbeda dengan Windows yang hanya mempunyai beberapa varian pada versi terbarunya sehingga kita dapat memilihnya sesuai kebutuhan.

Selain itu juga, untuk setiap distro pada Linux dirancang untuk tujuan berbeda.

Linux juga sudah dilengkapi dengan tema desktop yang berkualitas, sehingga memungkinkan untuk dapat  berjalan lebih mudah dan cepat dibandingkan Windows.

Jadi kita dapat meenemukan lebih banyak distribusi pada Linux untuk melayani semua kebutuhan.

Kita dapat juga menginstal distro Linux tertentu yang tersedia, seperti distribusi Linux untuk para hackers, distribusi Linux untuk komputer jadul, untuk programmers, untuk pemula dan lain sebagaina.

Maka dari itu, Linux bisa memenuhi kebutuhan perangkat komputer kita.

  • User Friendly
Linux kini sudah hadir lewat tampilan yang lebih mudah untuk digunakan bahkan bagi pemula sekalipun.

Hal itu dikarenakan Linux sudah mempunyai GUI modern, bahkan sudah menyediakan desktop environment yang sangat handal dan juga mudah digunakan.

Kemudahan yang ditawarkan oleh distro Linux yaitu, pengguna dapat memilih desktop environment tertentu yang tersedia, seperti Cinnamon, MATE, LXDE, GNOME, Xfce, KDE dan lain sebagainya.
10. Dapat disesuaikan sesuka hati.

Jika Windows yang telah terinstal dalam satu paket, maka Linux tersusun dari banyak module sehingga kita dapat merakitnya sesuai dengan kebutuhan, mulai dari sistem hingga tampilan desktopnya.

  • Dukungan Penuh Komunitas
Keunggulan penting Linux lainnya adalah komunitas. Dengan memakai OS ini, kita seolah tidak sendirian.

Kita dapat menemukan berbagai macam blog atau website yang menyajikan panduan OS Linux, dengan masuk ke berbagai forum apa pun, sehingga semua masalah di komputer dapat teratasi.

Banyak pengguna OS Linux yang siap menanggapi semua permasalahan yang kita hadapi secara relevan dan mungkin sudah pernah dialami pengguna yang lain.

Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa Linux telah menyediakan dokumentasi lengkap dengan berbagai komunitas besar untuk saling berbagi antara sesama pengguna.

  • Dokumentasi Lengkap
Untuk para pengembang, dokumentasi sangat penting untuk membangun ulang Linux sesuai dengan kebutuhannya.

Linux menyediakan dokumentasi yang lengkap dengan komunitas besar untuk berdiskusi.

  • Mendukung Banyak Bahasa Pemrograman
Alasan kenapa Linux banyak didukung oleh para hacker dan developer? Hal itu dikarenakan Linux ini sudah support berbagai jenis bahasa pemrograman yang populer, seperti PHP, Python, Ruby, Java, C++ dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Dapat Menghemat Biaya Operasional
Bagi perusahaan besar, memakai Linux dapat menghemat besarnya biaya operasional untuk keperluan IT.

Seperti untuk pembelian aplikasi server, membeli antivirus, dan aplikasi produktif lainnya seperti halnya pada Windows OS.

  • Tidak Ribet dan Tidak Sulit
Terkadang Windows OS secara tiba-tiba memunculkan pesan tertentu yang mengganggu, dengan pernyataan bahwa mesin harus direstart.

Ditambah lagi adanya pembaruan atau update yang sangat membingungkan, sekaligus bisa menghambat kerja kita pada saat menggunakan komputer.

Berbeda dengan Linux, ketika menjalani upgrade software biasanya tidak memerlukan sistem restart pada mesin.

Sebagian besar upgrade konfigurasi sistem biasanya dilakukan pada saat sistem dalam kondisi aktif.

Apa Kelebihan Sistem Operasi Windows Dibanding Linux?

Rasanya tidak lengkap jika kita membahas tentang keistimewaan atau kelebihan Linux dibanding Windows tanpa mencantumkan kelebihan windows dibanding Linux.

Berikut ini adalah  kelebihan windows dibanding Linux.
  • Konsumsi daya pada CPU, hard disk dan juga memori yang diperlukan sistem service lebih sedikit
  • Mengoptimisasi prefetching hard disk maupun SSD
  • Proses boot dan juga shut down yang lebih cepat
  • Fitur kemanan yang ketat, hal ini dikarenakan banyaknya virus untuk Windows
  • Tampilan atau antarmuka yang bagus untuk dilihat dari sisi tiga demensinya yang menonjol

Sekarang temen-temen sudah mengetahui kelebihan atau keistimewaan dari sistem operasi Linux dan juga kelebihan sistem operasi Windows. Pilihan tergantung pada diri masing-masing. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan.

Post a Comment