CARI KONTEN

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara menggunakan Photoshop di laptop, mulai dari dasar-dasar aplikasi Adobe Photoshop, apa fungsinya dan bagaimana cara menggunakannya.

Apa itu Adobe photoshop?

Adobe Photoshop adalah aplikasi pengedit foto berbasis bitmap, bukan berbasis vector. Bitmap sendiri adalah grafik komputer yang terdiri dari titik-titik dan kombinasi warna.

Apa fungsi Adobe photoshop?

Fungsi Adobe photoshop adalah untuk mengedit foto dan membuat berbagai desain.

Bagaimana cara menggunakan Photoshop?

Sebenarnya pertanyaan yang ketiga ini merupakan topik utama pada pembahasan kita kalini. Jadi silahkan simak artikel ini sampai selesai.
cara_menggunakan_photoshop_di_laptop

Cara Menggunakan Photoshop di Laptop

Langkah pertama agar kita dapat menggunakan Photoshop, terlebih dahulu kita harus mengenali area kerja.

Pertama kita lihat di dalam area kerja sebelah atas ada Menu Bar. Menu Bar ini berada di paling atas pada area kerja. Dalam Menu Bar sendiri terdapat beberapa menu, diantaranya file, edit, layer, select, filter, view, windows, dan help.

Selain Menu Bar, ada yang dinamakan Tools Box. Tools Box ini biasanya terdapat di sebalah kiri (posisinya bisa berubah tergantung kita menempatkannya). Dalam Tools Box terdapat bebagai tool yang nantinya kita akan gunakan untuk bekerja menggunakan Photoshop. Misalnya ada move tool, brush dan lain-lain termasuk pengaturan warna.

Selanjutnya kita puya Tools Box Options. Posisinya berada di sebelah atas di bawah Menu Bar. Tools Box Options ini merupakan pengaturan dari Tools Box. Jadi setiap kita ganti tools, maka tools options juga akan berubah mengikuti tools yang kita gunakan.

Selanjutnya ada lembar kerja. Lembar kerja ini merupakan kanvas kosong untuk meletakan foto yang siap kita edit.
cara_menggunakan_photoshop_di_laptop

Cara Membuat Kanvas Baru di Photoshop

  • Klik menu File
  • Klik New, selanjutnya akan muncul sebuah kotak dialog
  • Name: nama kanvas yang akan kita buat
  • Preset: berisi pengaturan kertas, misalnya kita pilih U.S. Paper. U.S Paper ini sendiri di dalamnya ada Letter, Legal dan Tabloid
  • Untuk ukuran kertas juga bisa kita sesuaikan dengan keinginan kita dengan mengisi kolom Widht, Height
  • Background Contents: untuk memilih warna background
  • Klik OK

Selain membuat kanvas baru, kita juga bisa dengan memasukan foto langsung ke lembar kerja.

Cara Memasukan Foto di Photoshop

  • Klik File
  • Klik Open
  • Pilih file foto/gambar dari komputer
  • Klik Open
  • Untuk nama kanvasnya sendiri itu menyesuaikan dengan nama file foto/gambar

Selanjutnya kita beralih ke Palette View.

Ada bebagai macam palette pada photoshop. Namun kali ini kita akan ulas tentang palette yang sering atau yang umum digunakan.

Color

Yang pertama ada yang namanya Palette Color. Pallete Color ini berfungsi untuk mengganti warna frontground dan background dengan cara mengklik kotak frontground atau background kemudian geser slide-slidenya. 

Jika temen-temen ingin tahu lebih detail, nanti ditutorial selanjutnya kita akan mambahasnya.

Selanjutnya kita punya Adjusments. Adjusments ini berisi beberapa efek. Misalnya efek Curves. Dengan efek Curves ini kita bisa membuat foto/gambar menjadi lebih gelap atau lebih terang.

Layers

Kemudian kita lanjut ke Layers. Pada Layers ini terdiri dari tumpukan Layers yang berisi obyek gambar atau teks. Pallete layers ini dilengkapi dengan banyak fasilitas dan tombol perintah untuk memanipulasi layers.

Misalnya kita akan membuat Layers baru. Klik tombol Create New Layer atau kita juga bisa membuat layer baru dengan mengkombinasikan tombol pada keyboard, caranya tekan Ctrl+Shift+ N. Jika muncul kotak dialog, klik saja OK.

Bagaimana jika kita ingin membuat layers dengan setting layers yang sudah ada?

Caranya yaitu dengan melakukan duplikat layer. Klik dan drag layer yang ingin diduplikat ke tombol Create New Layer kemudian lepaskan. Kita juga bisa membuatnya dengan mengkombinasikan tombol pada keyboard. Klik layer yang ingin diduplikat kemudian tekan Ctrl+J maka akan secara otomatis terduplikasi.
cara menggunakan photoshop di laptop

Fungsi Tools Yang Ada di Photoshop

Ada banyak tools pada area kerja di Photoshop. Berikut ini fungsi tools di Photoshop.
  • Move Tool
Berfungsi unutk memindahkan obyek, baik itu obyek dalam satu kanvas maupun obyek dengan kanvas yang berbeda (misalnya kita ingin menyatukan dalam satu kanvas)

  • Rectangular Marque Tool
Berfungsi untuk membuat seleksi dengan bentuk kotak.

  • Laso Tool
Berfungsi untuk membuat seleksi. Jika Rectangular Marque Tool membuat seleksi dengan bentuk kotak, maka Laso Tool membuat seleksi bebas. Jadi bisa fleksible.

  • Magic Wand Tool
Berfungsi untuk membuat seleksi berdasarkan warna. Jadi jika kita mengklik salah satu warna, maka warna yang memiliki warna sama dan tersambung akan terseleksi.

  • Crof Tool
Berfungsi untuk memotong kanvas. Cara menggunakannya, klik tombol crop tool, maka akan muncul garis dengan tombol garis geser di ujung sudut dan ujung tengan, tarik tombol garis ke arah kanvas yang akan dipotong kemudian klik tombol centang di sebelah atas tengah (agak ke kanan) di atas kanvas.

  • Eyedropper Tool
Berfungsi untuk mengubah warna di frontground sesuai dengan warna gambar/obyek yang di klik. Dengan kata lain, Eyedropper Tool ini merupaka alat untuk mengambil sample warna dari warna sebuah obyek pada kanvas.

  • Patch Tool  (J)
Patch Tool ini biasanya digunakan untuk menghilangkan noda-noda di wajah. Misalnya saja jerawat dan sebagainya. Caranya, seleksi noda yang ingin dihilangkan kemudian setelah terseleksi, geser ke arah warna yang ingin dijadikan sama dengan yang diseleksi, selanjutnya hilangkan seleksinya dengan menekan Ctrl+D pada keyboard.

  • Brush Tool
Befungsi untuk mewarnai dengan brush.

  • Stamp Tool (S)
Berfungsi untuk menstampel area tertentu ke area lainnya.

  • Eraser Tool (E)
Berfungsi untuk menghapus obyek.

  • Pen Tool (P)
Berfungsi untuk membuat garis shapes.

  • Text Tool (T)
Berfungsi untuk membuat teks. Caranya klik Text Tool kemudian klik di kanvas dan tulis sesuatu.

  • Rectangle Tool (U)
Fungsinya mirip dengan Pen Tool, bedanya ini berbentuk kotak. Jika tombol Rectangle Tool di klik dan tekan, maka akan muncul beberapa pilihan bentuk shape. Jadi bukan hanya kotak. 

  • Hand Tool (H)
Berfungsi untuk mengeser obyek ketika mode zoom.

  • Zoom Tool (Z)
Berfungsi untuk zoom in dan zoom out. Caranya klik pada obyek maka otomatis akan zoom in atau zoom out. Untuk mengatur zoom in atau zoom out, klik pada Tools Option pada tombol kaca pembesar dengan lambang + atau -. Bisa juga melakukan zoom in dan zoom out dengan klik dan tahan pada obyek kemudian geser kiri atau kanan. Geser ke kiri zoom out dan geser kanan zoom in.

Baca juga: Cara Login Weverse

Untuk lebih jauh cara menggunakan Photoshop di laptop bisa temen-temen kembangkan lagi. Semoga ulasan tadi bermanfaat.

Post a Comment